Tutorial membuat meja guru menggunakan software Blender


Tutorial membuat meja guru menggunakan software  Blender



Ok baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat meja guru mengunakan software Blender,silahkan teman-teman download software Blender lalu instal terlebih dahulu , langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :



Pipihkan kubus
Tekan N => pada bagian scale pilih x = 1, y=2, z=0.1, sehingga dimensinya pxlxt = 2x1x0.1







Atau bisa juga masuk ke edit mode (tab) lalu pipihkan (tekan s=>z, kemudian atur sesuai elera) dan panajngkan (tekan s=>y, dan atur sesuai selera)

Setelah pipih, gunakan view bawah(bottom) atau tekan ctrl+7
Buat side (ctrl + r), buat 4 garis mendatar (2 dekat ujung dan 2 ditengah) & 2 garis berdiri. Ukurannya disesuaikan. Garis – garis ini nantinya berfungsi untuk membuat kaki meja dan dinding lemari.


  Seleksi kotak di keempat sudut dan bagian yang memotong tengah meja (shift+sleksi)




Ekstrude (E) Tekan tombol E





Ekstrude lagi untuk kaki dan lemari





Jangan lupa siapkan untuk dasar lemari





Estrude lagi untuk kaki


Untuk menghubungkan antar kaki meja, seleksi face yang saling berhadapan => Tekan w => bridge edge loop.


Di bawah lemari meja, masih ada bagian yag terbuka. Delate bagian yg diseleksi (liat gambar di bawah). Tekan w => bridge edge loop, nanti lubangnya akan tertutup



Selanjutnya, membuat sudut2 meja menjadi tidak bersudut supaya tampak lebih halus. Seleksi side (seperti tampak pada gambar di bawah)



Buat bevel, tekan w => pilih bevel, hasilnya seperti gambar di bawah.


Jika ingin lebih melengkung, face yang di sisi meja bisa kita perkecil. Caranya seleksi face => s + z => atur sesuai selera


Keempat sudut meja juga sebaiknya di hilangkan sudutnya. Seleksi side => tekan w => pilih bevel(sperti gambar di bawah)


Selanjutnya, ada bagian yang seharusnya tempat pintu lemari, masih tertutup. Jadi silahkan dihapus facenya. Dan ditutup bagian yang lobang menggunakan “f”


Hasilnya seperti gambar di bawah
 

Selanjutnya dibuat pintunya. Sebaiknya antara pintu dan sisi dalam lemari dikasih ruang sedikit. Karena itu tempa awal dibuat pintunya diberi inset => selanjutnya bisa diatur juga menggunakan scale  tekan tombol (s)


Setelah itu diekstrude sedikit untuk memberikan ruang antara lemari dan pintu.




Setelah itu diekstrude lagi untuk membuat pintunya. Untuk memisahkan pintu dan lemari, kita perlu menyeleksi smua bagian face dari pintu. Karena itu, face di lemari ada yang harus kita hapus sementara (sperti gambar di bawah).

Setelah objek pintu terseleksi Tekan “P” untuk memunculkan option Separate dan pilih Selection. Pintu umumnya berputar pada sumbu di ujung pintu. Agar sumbu putaran pintunya betul, originnya harus diatur. Caranya, tinggal Ubah Set Origin nya pada jendela Tools menjadi “origin to 3D kursor” yang akan merubah pusat benda(pintu) menjadi berada pada kursor yang kita tempatkan.
 


Setelah pintunya terpisah dari objk meja. Lubang2 yang tertinggal harus dihapus / ditutupi menggunakan “f”




 Geser pintu ku ujung kanan


TAMBAHAN
Selanjutnya, kita bisa memperindah sedikit mejanya dengan menggunakan ekstrude, insert, bevel, scale.



 Beginih lah jadinya jika telah di kasi teksture



























Post a Comment for "Tutorial membuat meja guru menggunakan software Blender"