Tutorial membuat meja guru menggunakan software Blender
Ok baiklah pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat meja guru mengunakan software Blender,silahkan teman-teman download software Blender lalu instal terlebih dahulu , langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :
Pipihkan kubus
Tekan N => pada bagian scale pilih x = 1, y=2, z=0.1,
sehingga dimensinya pxlxt = 2x1x0.1
Atau bisa juga masuk ke edit mode (tab) lalu pipihkan (tekan
s=>z, kemudian atur sesuai elera) dan panajngkan (tekan s=>y, dan atur
sesuai selera)
Setelah pipih, gunakan view bawah(bottom) atau tekan ctrl+7
Buat side (ctrl + r), buat 4 garis mendatar (2 dekat ujung
dan 2 ditengah) & 2 garis berdiri. Ukurannya disesuaikan. Garis – garis ini
nantinya berfungsi untuk membuat kaki meja dan dinding lemari.
Seleksi
kotak di keempat sudut dan bagian yang memotong tengah meja (shift+sleksi)
Ekstrude lagi untuk kaki dan lemari
Jangan lupa siapkan untuk dasar lemari
Estrude lagi untuk kaki
Untuk menghubungkan antar kaki meja, seleksi face yang
saling berhadapan => Tekan w => bridge edge loop.
Di
bawah lemari meja, masih ada bagian yag terbuka. Delate bagian yg diseleksi
(liat gambar di bawah). Tekan w => bridge edge loop, nanti lubangnya
akan tertutup
Selanjutnya, membuat sudut2 meja menjadi tidak bersudut
supaya tampak lebih halus. Seleksi side (seperti tampak pada gambar di bawah)
Buat
bevel, tekan w => pilih bevel, hasilnya seperti gambar di bawah.
Jika ingin lebih melengkung, face yang di sisi meja bisa
kita perkecil. Caranya seleksi face => s + z => atur sesuai selera
Keempat sudut meja juga sebaiknya di hilangkan sudutnya.
Seleksi side => tekan w => pilih bevel(sperti gambar di bawah)
Selanjutnya, ada bagian yang seharusnya tempat pintu lemari, masih
tertutup. Jadi silahkan dihapus facenya. Dan ditutup bagian yang lobang
menggunakan “f”
Hasilnya seperti gambar di bawah
Selanjutnya
dibuat pintunya. Sebaiknya antara pintu dan sisi dalam lemari dikasih ruang
sedikit. Karena itu tempa awal dibuat pintunya diberi inset => selanjutnya
bisa diatur juga menggunakan scale tekan tombol (s)
Setelah itu diekstrude sedikit untuk memberikan ruang antara
lemari dan pintu.
Setelah
itu diekstrude lagi untuk membuat pintunya. Untuk memisahkan pintu dan lemari,
kita perlu menyeleksi smua bagian face dari pintu. Karena itu, face di lemari
ada yang harus kita hapus sementara (sperti gambar di bawah).
Setelah
objek pintu terseleksi Tekan “P” untuk memunculkan option Separate dan pilih Selection.
Pintu umumnya berputar pada sumbu di ujung pintu. Agar sumbu putaran pintunya
betul, originnya harus diatur. Caranya, tinggal Ubah Set
Origin nya pada jendela Tools menjadi “origin to 3D kursor” yang akan
merubah pusat benda(pintu) menjadi berada pada kursor yang kita tempatkan.
Setelah pintunya terpisah dari objk meja. Lubang2 yang
tertinggal harus dihapus / ditutupi menggunakan “f”
Geser pintu ku ujung kanan
TAMBAHAN
Selanjutnya, kita bisa memperindah sedikit mejanya
dengan menggunakan ekstrude, insert, bevel, scale.
Beginih lah jadinya jika telah di kasi teksture




































Post a Comment for "Tutorial membuat meja guru menggunakan software Blender"